Ads 468x60px

edy4LIFE.com: Artikel SEO: Menulis Untuk Manusia Atau Untuk Robot?

edy4LIFE.com: Artikel SEO: Menulis Untuk Manusia Atau Untuk Robot?


Artikel SEO: Menulis Untuk Manusia Atau Untuk Robot?

Posted: 15 Jun 2013 01:42 PM PDT

[ Artikel ini ditulis oleh Helda Sihombing, full-time blogger & writer, http://tinyurl.com/ArtikelHelda ]

Ada satu dilema yang paling umum dialami oleh mereka yang menulis di internet (baik yang ingin disebut blogger atau tidak). Bahkan dilema ini sangat klasik dan sampai sekarang masih banyak yang berkutat pada pertanyaan ini: ketika kita menulis artikel SEO, apakah kita menulis untuk manusia atau untuk robot?

artikel seoSaya yakin Anda yang sedang membaca artikel ini setidaknya sudah berada di langkah advanced. Tidak perlu dijelaskan soal SEO dan sebagainya. Artikel ini sendiri lebih membahas apa yang harusnya menjadi FOKUS kita ketika menulis artikel. Mari kita ketahui beberapa manfaat dari masing-masing jenis tulisan ini.

  • Artikel SEO untuk Robot, tentunya akan mendatangkan trafik gratis dari mesin pencari karena URL mengarah ke artikel berada di halaman pertama dan di posisi strategis pula. Peluang Anda mendapatkan banyak kunjungan sehingga ‘meramaikan’ situs / tulisan Anda semakin tinggi.
  • Artikel untuk manusia, berefek jangka panjang. Jika artikel tersebut benar-benar bermanfaat maka bukan tidak mungkin pengunjung menjadi pengunjung loyal. Alur tulisan benar-benar dirancang untuk manusia sehingga terbaca natural.

Jadi, mana yang lebih penting? BERGANTUNG PADA ANDA. Tidak ada yang bisa memaksa. :D Namun, tentu Anda ingin mendapatkan APA – apa yang Anda butuhkan dan inginkan. Benar? Setidaknya kesimpulan saya ada 3 pernyataan dasar ketika tulisan kita dipublish di internet.

  1. Ingin mendapatkan banyak dan semakin banyak trafik dari hari ke hari.
  2. Ingin agar trafik yang datang tersebut menjadi trafik loyal alias return visitor.
  3. Namun, bagaimana mungkin memiliki trafik loyal jika tidak bisa meraih banyak pengunjung? Begitu juga sebaliknya, kita tidak mau pengunjung hanya datang sekali dan tidak berkesan.

Apa Boleh Tidak Pakai Artikel SEO Oriented? BUKAN MASALAH sebenarnya, apabila:

  • Anda seorang publik figur / terkenal.
  • Anda sekedar having fun.
  • Anda mau bersabar penuh untuk mengenalkan situs Anda dengan cara konvensional.

NAMUN FAKTANYA: Kita orang sibuk dan persaingan dari hari ke hari juga makin tinggi. Bayangkan saja, Anda harus bisa muncul dan ‘didengar dan menarik perhatian’ di tengah riuhnya pasar bisnis online. Dengan sebuah catatan penting pula bukan “tong kosong nyaring bunyinya”. Maksudnya? Anda bukan orang yang mampu menarik perhatian khalayak ramai namun ternyata kosong.

Jawabannya adalah: Menulislah untuk Manusia dan untuk Robot. Hal tersebut mungkin! Lagipula, muncul di halaman pertama Google sekalipun tidak menjamin situs Anda akan dikunjungi oleh setiap pengguna, benar? Sama halnya seperti toko yang berada di lokasi strategis, tetap saja dia harus mampu menarik perhatian pengunjung – berbeda dari para pesaingnya.

Nah, berikut beberapa hal yang bisa Anda perhatikan ketika menulis untuk manusia dan untuk robot:

  • Perhatikan pangsa pasar situs Anda. Buat judul yang menarik SESUAI dengan pasar Anda. Kalau memang kalangan profesional, penggunaan judul dengan bahasa baku dan terkesan formal bisa jadi pilihan. Namun, kalau pasar Anda anak muda maka pilih yang sedang ‘in’.
  • Judul artikel tidak harus dipaksakan ‘menembak keyword’ sepenuhnya, namun sisipkan kata-kata yang provokatif di samping keyword yang sedang Anda bidik.
  • Sedikit tips: optimasi keyword di URL dan Title, description dan keyword (bagi pengguna WP), nah judul posting bisa Anda gunakan yang menarik dan 'lebih alami'. Meski sebenarnya disamakan juga tidak masalah, asal judul tetap menarik.
  • Pastikan agar artikel Anda memang mengalir dan memiliki alur yang baik. Kalimat yang tidak dipaksakan menjadi poin penting, tetapi coba untuk lebih kreatif menelaah kata-kata yang cocok namun sesuai dengan keyword yang Anda bidik. Pasti bisa!
  • Intinya adalah FLEKSIBEL, menarik namun tetap membidik apa yang Anda mau. Kemudian, yang pasti ketika pengunjung masuk ke situs Anda, semoga mereka merasa memang berada di sebuah situs yang manusiawi. Merekapun akan punya rasa kemanusiaan pada situs Anda. :)

Sudah sejatinya MANUSIA ITU KREATIF, pasti bisa ‘memaksakan’ untuk mendapatkan keduanya. Tidak ada yang tidak mungkin termasuk menulis untuk manusia atau untuk robot. Selamat menulis untuk keduanya!

0 comments:

Post a Comment